Sepercik Manfaat Si Dingin Es Krim

Siapa sih yang tidak pernah merasakan sakit kepala ? Terlebih kita sebagai mahasiswa yang selalu berpikir keras untuk menyelesaikan permasalahn yang sedang dihadapinya. Sakit kepala sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda, salah satunya adalah migran.
Sakit kepala sebelah atau migran merupakan sakit kepala yang biasanya membuat penderita merasakan sakit di satu area pada kepala saja. Penderita migran biasanya akan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya, karena hal itu akan membuat kepala penderita makin terasa sakit dan pening. Berdasarkan penelitian migran ini lebih banyak di derita oleh wanita daripada pria. Sakit kepala ini juga salah satu penyakit yang membuat penderitanya sulit berkonsentrasi dan belajar dan sakitnya memiliki sifat yang tidak terduga.
Tapi taukah anda, bahwa es krim bisa meredakan sakit kepala ?? hal ini telah dibuktikan oleh  salah satu ilmuwan Harvard Medical School AS. Berdasarkan penelitiannya, es krim mampu menjadi batu loncatan bagi penderita sakit kepala.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa sakit pada kepala terjadi karena arteri yang disebut arteri serebral anterior yang membuka dan membanjiri otak dengan darah. Aliran darah yang tiba-tiba membanjiri otak cenderung meningkatkan tekanan dalam tengkorak kepala dan menyebabkan rasa sakit. Nah, dengan meminum es krim, akan membuat aliran darah dari perasa lidah yang arterinya ada di langit-langit mulut menjadi dingin, sehingga aliran pada darah di otak menjadi hangat. Hal tersebut secara perlahan akan membuat nyeri pada kepala mulai menyurut.

Es krim ini mempunyai prinsip dapat menghentikan tekanan aliran darah ke tingkat berbahaya, dengan cara arteri menghalangi aliran darah dan membawa tekanan balik ke bawah. Sehingga, aliran darah bisa menjadi mekanisme pertahanan diri, yang dirancang menjaga agar otak tetap hangat dan bekerja. Jadi prinsip pembekuan otak ini dapat menjadi pengobatan alternatif untuk meredakan sakit kepala.

Penulis : NTRage03 ~~ @Physics Blog Competition

Artikel Sepercik Manfaat Si Dingin Es Krim ini dipublish oleh NTRage03 pada hari Thursday, May 17, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar.
 

0 komentar:

Post a Comment