Waktu Indonesia Akan Bersatu

Indonesia merupakan negara yang memiliki 3 waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT yang masing-masing memiliki perbedaan 1 jam, yaitu pada WIB berbeda 1 jam dengan Wita, Wita berbeda 1 jam dengan WIT, dan WIB berbeda 2 jam dengan WIT J Pada tahun 2012 ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyetujui usulan penyatuan zona waktu oleh Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa, di Jakarta (Rabu, 16 Mei 2012). Penyatuan zona waktu ini akan disesuaikan dengan GMT (Greenwich Mean Time) + 8 dan ini sesuai dngan waktu di Indonesia Timur (WIT). Sehingga, rencananya waktu di WIB dan Wita harus disesuaikan dengan WIT.
Nah, dari kebijakan baru di atas, apa pendapat teman” ? setujukah atau menolak ?
Mari kita kupas bersama-sama \^^/

                Dari kebijakan yang menentukan kesamaan waktu di Indonesia antara WIB, Wita, dan WIT dirasa dapat lebih efisien. Mengapa begitu ? Kita bayangkan saja, jika masyarakat di daerah timur (WIT) sudah bekerja selama 2 jam, sedangkan di Jakarta (wilayah barat – WIB)  masyarakat baru mulai bekerja. Sehingga, jika di Singapura masyarakatnya sudah mulai making profit , kita di Indonesia masii baru memulai aktivitas perdagangan, secara tidak langsung kita tertinggal dibanding mereka. Contoh lain, jika jadwal penerbangan di WIB pukul 22.00, maka di WIT sudah pukul 00.00 pada saat yang bersamaan, sehingga seringkali penumpang terpaksa harus bermalam untk mendapatkan penerbangan berikutnya, agar sampai di Indonesia Timur tidak dini hari.
Sulit juga yaa perbedaan waktu di Indonesia ini. Kalau benar” disamakan zona waktunya, mungkin memang lebih efisien, terutama dari segi bisnis.

Namun, apa semudah itu ?? tentu tidak, bayangkan saja, untuk masyarakat Indonesia barat, yang biasanya baru memulai kegiatan (bekerja) pukul 08.00, mereka harus suda memulai kegiatan pukul 06.00, anak-anak sekolah yang biasanya masuk pukul 07.00 harus sudah masuk pukul 05.00. woow !! tentu tidak mudah !!
Bagaimana menurut pendapat kalian ?? J

Penulis : NTRage03 ~~ @Physics Blog Competition

Artikel Waktu Indonesia Akan Bersatu ini dipublish oleh NTRage03 pada hari Thursday, May 17, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda. Silahkan tinggalkan komentar.
 

3 komentar:

  1. Jeehh.. kayaknya bakal jadi kacau.. kalau diliat dari mataharinya kan jelas jauh beda dari Aceh ke Papua sana. ane rasa kalau udah bagus gni ngapain lagi repot2.. hehe ane lebih setuju kalau pemangkasan anka NOL pada uang.. 1000 jadi 1. hehhe

    ReplyDelete
  2. @aslasah : :D wkkakaka
    klo yang satu itu ane sangat setuju sob :D

    ReplyDelete
  3. waaduuuhh..agak repot juga y klo waktunya disamakan..berarti sholat subuh kita jam 3?kuliah yg sharusnya jam 8 jadi jam 6?masih malesss... aku gak stuju..hehehehe..tapi memang klo dari segi bisnis.sangat2 menguntungkan..

    ReplyDelete